Rabu, 22 Oktober 2008

Mempercepat Windows XP dengan Disk Defragmenter

Disk Defragmenter pastinya sudah tidak asing lagi di telinga kalian, tetapi mungkin masih ada orang lain yang tidak tau betapa penting nya Disk Defragmenter ini.
Deframentasi hard drive merupakan suatu aktivitas yang harus di lakukan, karena aktivitas ini dapat mengembalikan kondisi data di drive sehingga setiap file dapat terbaca secara berkelanjutan oleh hardisk.
Pada dasarnya, Windows XP akan mengembalikan file2 yang di butuhkan untuk di tulis ke hard drive dalam urutan cluster hard drive. Cluster merupakan unit terkecil dari storage space (kapasitas ruang untuk menyimpan file).
Sebuah hard drive memiliki frekuensi penggunaan dalam jangka waktu yang lama untuk mengembalikan pecahan pecahan file. Beberapa file yang tersimpan akan terbagi dan menyebar ke cluster2 yang berbeda di dalam hardisk. Hal ini terjadi akibat beberapa faktor, misalnya unistall (program meninggalkan beberapa file registry), system yang crach (rusak), atau ketika menghapus file sistem sebuah program (delete).
File menjadi beberapa pecahan ketika kapasitas cluster tidak cukup besar menampung ukuran file. Akibatnya, file tersebut tidak tersimpan di dalam sebuah cluster, tetapi terpisah pada cluster yang berurutan di dalam hardisk. Hasilnya, komputer akan melambat saat mengakses sebuah data atau file.
Kalian dapat mengatasi permasalahan ini dengan memanfaatkan Disk Defragment.
Langkah2 dalam menjalankan Disk Defragment.
1. Klik Start Menu -> Programs -> Accessories -> System Tools -> Disk Defragmenter

2. Klik tombol Analize terlebih dahulu, hal tersebut berguna untuk memperkecil ketergantungan jumlah suatu data pada drive.

3. Setelah proses Analize selesai, kalian akan melihat representasi grafik dari level hardisk dengan pecahan2 file.

4. Windows akan menginformasikan apakah kalian akan memberi perintah untuk melakukan defragment atau tidak. Minimal nya, kalian harus memiliki 15% free space pada hardisk.
Jika kalian tetap memaksa untuk melakukan Disk Defragment, akan ada kesalahan dalam penempatan file, jadi sebaiknya jangan di coba jika memiliki free space kurang dari 15% :p

5. Klik Defragment untuk menjalankan Disk Defragment. Disk Defragment akan memakan waktu yang cukup lama, oleh karena itu, kalian bisa meninggalkan komputer anda selama proses tersebut berlangsung :D

Ingat tinggalkan komentar nya ya ^^:p

Related Posts



Tidak ada komentar: